Total Tayangan Halaman

Minggu, 17 Juli 2011

KONSEP KELUARGA

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS:
Mahasiswa akan dapat :
Definisi  keluarga
Tipe-tipe keluarga
Struktur dan fungsi keluarga
Tumbuh kembang keluarga
Tugas perkembangan keluarga
Keperawatan kesehatan keluarga
Tugas kesehatan keluarga
Peran perawat keluarga

        Keluarga merupakan bagian terkecil dalam masyarakat. Dalam keperawatan, keluarga merupakan salah satu sasaran asuhan keperawatan. Keluarga memegang peranan penting dalam promosi kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit pada anggota keluarganya. Nilai yang dianut keluarga dan latar belakang  etnik/kultur yang berasal dari nenek moyang akan mempengaruhi interpretasi keluarga terhadap suatu  penyakit. Masalah kesehatan  dan adanya krisis perkembangan dalam suatu keluarga dapat mempengaruhi anggota keluarga yang lain karena keluarga merupakan satu kesatuan (unit).

Definisi Keluarga
Definisi  keluarga dikemukakan oleh beberapa  ahli :
a.    Reisner (1980)
Keluarga adalah sebuah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang masing-masing mempunyai hubungan kekerabatan yang terdiri dari bapak, ibu, adik, kakak, kakek dan nenek.
b.    Logan’s (1979)
Keluarga adalah sebuah sistem sosial dan sebuah kumpulan beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain.
c.    Gillis (1983)
Keluarga adalah sebagaimana sebuah kesatuan yang kompleks dengan atribut yang dimiliki tetapi terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing mempunyai arti sebagaimana unit individu.
d.    Duvall
Keluarga merupakan sekumpulan orang yang dihubungkan oleh ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran yang bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan budaya yang umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional dan sosial dari tiap anggota.

e.    Bailon dan Maglaya
Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih individu yang bergabung karena hubungan darah, perkawinan, atau adopsi, hidup dalam satu rumah tangga, saling berinteraksi satu sama lainnya dalam perannya dan menciptakan dan mempertahankan suatu budaya.
f.    Johnson’s (1992)
Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang mempunyai hubungan darah yang sama atau tidak, yang terlibat dalam kehidupan yang terus menerus, yang tinggal dalam  satu atap, yang mempunyai ikatan emosional dan mempunyai kewajiban antara satu orang dengan orang yang lainnya.
g.    Lancester dan Stanhope (1992)
Dua atau lebih individu yang berasal dari kelompok keluarga yang sama atau yang berbeda dan saling menikutsertakan dalam kehidupan yang terus menerus, biasanya bertempat tinggal dalam satu rumah, mempunyai ikatan emosional dan adanya pembagian tugas antara satu dengan yang lainnya.
h.    Jonasik  and Green (1992)
Keluarga adalah sebuah sistem yang saling tergantung, yang mempunyai dua sifat (keanggotaan dalam keluarga dan berinteraksi dengan anggota yang lainnya).
i.    Bentler et. Al (1989)
Keluarga adalah sebuah kelompok sosial yang unik yang mempunyai kebersamaan seperti pertalian darah/ikatan keluarga, emosional, memberikan perhatian/asuhan, tujuan orientasi kepentingan dan memberikan asuhan untuk berkembang.
j.    National Center  for Statistic (1990)
Keluarga adalah sebuah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang berhubungan dengan kelahiran, perkawinan, atau adopsi dan tinggal bersama dalam satu rumah.
k.    Spradley dan Allender  (1996)
Satu atau lebih individu yang tinggal bersama, sehingga mempunyai ikatan emosional, dan mengembangkan dalam interelasi sosial, peran dan tugas.
l.    BKKBN (1992)
Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri, atau suami istri dan anaknya, atau ayah dengan anaknya, atau ibu dengan anaknya.

    Istilah-istilah dalam keluarga:
Keluarga Sejahtera
Keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak, bertakwa kepada TYME, memiliki hubungan serasi, selaras, dan seimbang  antar  anggota  dan  antar keluarga dengan  masyarakat dan lingkungan.

Keluarga Berencana
Upaya peningkatan kepedulian dan peran serta  masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan  kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan  keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.
Kualitas keluarga
Kondisi keluarga yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, kemandirian keluarga, dan mental spiritual serta nilai-nilai agama yang merupakan dasar untuk mencapai keluarga sejahtera.
Kemandirian keluarga
Sikap mental dalam hal berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pembangunan, mendewasakan usia  perkawinanan, membina dan meningkatkan ketahanan keluarga, mengatur kelahiran dan mengembangkan kualitas dan keejahteraan keluarga, berdasarkan kesadaran dan tanggungjawab.
Ketahanan Keluarga
Kondisi dinamik sebuah keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta  mengandung  kemampuan  fisik-material dan psikis-mental spiritual guna hidup mandiri dan mengembangkan diri  dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin.
NKKBS  (Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera)
Suatu nilai yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan sosial budaya yang membudaya dalam diri pribadi, keluarga, dan masyarakat, yang berorientasi kepada kehidupan sejahtera dengan jumlah anak ideal untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin.

Menurut Kantor Menteri Negara Kependudukan/BKKBN (1996), tahapan keluarga sejahtera terdiri dari:
Prasejahtera
Keluarga yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara minimal atau belum seluruhnya terpenuhi seperti:spiritual, pangan, sandang, papan, kesehatan dan KB
Sejahtera I
Keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara minimal, tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan sosial psikologisnya seperti kebutuhan akan pendidikan, KB, interaksi dalam keluarga, interaksi lingkungan tempat tinggal, dan transportasi.
Sejahtera II
Keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dan kebutuhan sosial  psikologisnya tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan pengembangan, seperti kebutuhan untuk menabung dan memperoleh informasi
Sejahtera III
Keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasar, sosial psikologis dan pengembangan, tetapi belum dapat memberikan sumbangan yang teratur bagi masyarakat atau kepedulian sosialnya belum terpenuhi seperti sumbangan materi, dan berperan aktif dalam kegiatan masyarakat
Sejahtera III plus
Keluarga yang telah dapat memenuhi kebutuhan dasar, sosial psikologis dan pengembangan,  dan telah dapat memberikan sumbangan yang teratur  dan berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan atau memiliki kepedulian sosial yang tinggi. 

Dari beberapa pengertian tentang keluarga, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik keluarga adalah:
Terdiri dari dua orang atau lebih yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan, adopsi
Biasanya anggota keluarga tinggal bersama atau jika terpisah tetap memperhatikan satu sama lain
Anggota keluarga berinteraksi satu sama lain dan masing-masing mempunyai peran sendiri-sendiri
Mempunyai tujuan (menciptakan dan mempertahankan budaya, meningkatkan perkembangan fisik, psikologis dan sosial anggota)

Ciri-ciri keluarga menurut Stanhope dan Lancaster (1995):
Diikat dalam suatu tali perkawinan
Ada hubungan darah
Ada ikata batin
Ada tanggung jawab masing-masing anggota
Ada pengambilan keputusan
Kerjasama diantara anggota keluarga
Komunikasi interaksi  antar anggota keluarga
Tinggal dalam satu rumah

Tipe/Bentuk Keluarga
Keluarga merupakan salah satu bagian  dari bidang garap dunia keperawatan, oleh karena itu supaya perawat bisa memberikan asuhan keperawatan dengan tepat, perawat harus memahami tipe keluarga yang ada..
A.    Tradisional 
The Nuclear family  (keluarga inti)
Keluarga yang terdiri dari  suami, istri dan anak
The dyad family
Keluarga yang terdiri dari suami dan istri (tanpa anak) yang hidup bersama dalam satu rumah.
Keluarga usila
Keluarga yang terdiri dari suami dan istri yang sudah tua dengan anak yang sudah memisahkan diri.
The childless family
Keluarga tanpa anak karena terlambat menikah dan untuk mendapatkan  anak terlambat waktunya yang disebabkan  karena mengejar karier/pendidikan yang terjadi pada wanita.
The extended family
Keluarga yang terdiri dari dari tiga generasi yang hidup bersama dalam satu rumah, seperti nuclear family disertai: paman, tante, orang tua (kakek-nenek), keponakan
The single parent family
Keluarga yang terdiri dari satu orang tua (ayah atau ibu) dengan anak, hal ini terjadi biasanya melalui proses  perceraian, kematian dan ditinggalkan (menyalahi hokum pernikahan)
Commuter family
Kedua orang tua bekerja di kota yang berbeda, tetapi salah satu kota tersebut sebagai tempat tinggal dan orang tua yang bekerja di luar kota bisa berkumpul  pada anggota keluarga pad saat ”weekend”
Multigenerational family
Keluarga dengan beberapa generasi atau kelompok umur yang tinggal bersama dalam satu rumah.
Kin-network family
Beberapa keluarga inti yang tinggal dalam satu rumah atau saling berdekatan dan saling menggunakan barang-barang dan pelayanan yang sama (contoh: dapur, kamar mandi, televisi, telepon,dll)
Blended family
Duda atau janda (karena perceraian) yang menikah kembali dan membesarkan  anak  dari perkawinan sebelumnya.
The single adult living alone/single adult family
Keluarga yang terdiri dari orang dewasa yang hidup sendiri karena pilihannya atau perpisahan  (perceraian atau ditinggal mati)

B.    Non-Tradisional
The unmarried teenage mother
Keluarga yang terdiri dari orang tua (terutama ibu) dengan anak dari hubungan tanpa nikah
The stepparent family
Keluarga dengan orang tua tiri
Commune family
Beberapa pasangan keluarga (dengan anaknya) yang tidak ada hubungan saudara yang hidup bersama dalam satu rumah, sumber dan fasilitas yang sama, pengalaman yang sama, sosialisasi anak dengan  melalui aktivitas kelompok/membesarkan anak bersama.
The nonmarital heterosexsual cohabiting family
Keluarga yan ghidup bersamaberganti-ganti pasangan tanpa melalui pernikahan
Gay and lesbian families
Seseorang yang mempunyai persamaan sex hidup bersama sebagaimana ”marital pathners”
Cohabitating couple
Orang dewasa yang hidup bersama diluar ikatan pernikahan karena beberapa alasan tertentu
Group-marriage family
Beberapa orang dewasa yang menggunakan alat-alat rumah tangga bersama, yang saling merasa telah saling menikah satu dengan yang lainnya, berbagi sesuatu termasuk sexsual dan membesarkan anak.
Group network family
Keluarga inti yang dibatasi oleh set  aturan/nilai-nilai, hidup berdekatan satu sama lain dan saling menggunakan  barang-barang rumah  tangga bersama, pelayanan, dan bertanggung jawab membesarkan  anaknya
Foster family
Keluarga menerima anak yang tidak ada hubungan keluarga/saudara di dalam waktu sementara, pada saat orang tua anak tersebut perlu mendapatkan bantuan untuk menyatukan kembali keluarga yang  aslinya.
Homeless family
Keluarga yang terbentuk dan tidak mempunyai perlindungan yang permanen karena krisis personal yang dihubungkan dengan keadaan ekonomi dan atau problem kesehatan mental.
Gang
Sebuah bentuk keluarga yang destruktif  dari orang-orang muda yang mencari ikatan emosional dan keluarga yang mempunyai perhatian tetapi berkembang dalam kekerasan dan kriminal dalam kehidupannya.

Struktur dan Fungsi  Keluarga
C.    Struktur Keluarga
Struktur dan fungsi  merupakan hal yang berhubungan erat dan terus  menerus  berinteraksi satu sama lain. Struktur didasarkan pada organisasi, yaitu perilaku anggota keluarga dan pola hubungan dalam keluarga. Hubungan yang  ada dapat bersifat kompleks, misalnya seorang wanita bisa sebagai istri, sebagai ibu, sebagai menantu, dll yang semua itu mempunyai kebutuhan, peran dan harapan yang berbeda. Pola hubungan itu akan membentuk kekuatan dan struktur peran dalam keluarga. Struktur keluarga dapat diperluas dan dipersempit tergantung dari kemampuan dari keluarga tersebut untuk merespon stressor yang ada dalam keluarga. Struktur keluarga yang sangat kaku atau sangat  fleksibel dapat mengganggu atau merusak fungsi keluarga.

Fungsi keluarga yang berhubungan dengan struktur:
a. Struktur egalisasi : masing-masing keluarga mempunyai hak yang sama dalam menyampaikan pendapat (demokrasi)
b. Struktur yang hangat, menerima dan toleransi
c. Struktur yang terbuka, dan anggota yang terbuka : mendorong kejujuran dan kebenaran (honesty and authenticity)
d. Struktur yang kaku : suka melawan dan tergantung pada peraturan
e. Struktur yang bebas : tidak adanya aturan yang memaksakan (permisivenes)
f. Struktur yang kasar : abuse (menyiksa, kejam dan kasar)
g. Suasana emosi yang dingin (isolasi, sukar berteman)
h. Disorganisasi keluarga (disfungsi individu, stress emosional)

Menurut Friedman (1988) struktur keluarga terdiri  atas:
a.Pola dan Proses Komunikasi
    Komunikasi dalam keluarga ada yang berfungsi dan ada yang tidak, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang ada dalam komponen komunikasi seperti : sender, chanel-media, massage, environtment dan reciever.
    Komunikasi dalam keluarga yang berfungsi adalah:
    1). Karakteristik pengirim yang berfungsi
Yakin ketika menyampaikan pendapat
Jelas dan berkualitas
Meminta feedback
Menerima feedback
    2). Pengirim yang tidak berfungsi
Lebih menonjolkan asumsi (perkiraan tanpa menggunakan dasar/data yang obyektif)
Ekspresi yang tidak jelas (contoh: marah yang tidak diikuti ekspresi wajahnya)
Jugmental exspressions, yaitu ucapan yang memutuskan/menyatakan sesuatu yang tidak didasari pertimbangan yang matang. Contoh ucapan salah benar, baik/buruk, normal/tidak normal, misal: ”kamu ini bandel...”, ”kamu harus...”
Tidak mampu mengemukakan kebutuhan
Komunikasi yang tidak sesuai
    3). Karakteristik penerima yang berfungsi
Mendengar
Feedback (klarifikasi, menghubungkan dengan pengalaman)
Memvalidasi
    4). Penerima yang tidak berfungsi
Tidak bisa mendengar dengan jelas/gagal mendengar
Diskualifikasi, contoh : ”iya dech.....tapi....”
Offensive (menyerang bersifat negatif)
Kurang mengeksplorasi (miskomunikasi)
Kurang memvalidasi
    5). Pola komunikasi di dalam keluarga yang berfungsi
Menggunakan emosional : marah, tersinggung, sedih, gembira
Komunikasi terbuka dan jujur
Hirarki kekuatan dan peraturan keluarga
Konflik keluarga dan penyelesaiannya
    6). Pola komunikasi di dalam keluarga yang tidak berfungsi
Fokus pembicaraan hanya pada sesorang (tertentu)
Semua menyetujui (total agreement) tanpa adanya diskusi
Kurang empati
Selalu mengulang isu dan pendapat sendiri
Tidak mampu memfokuskan pada satu isu
Komunikasi tertutup
Bersifat negatif
Mengembangkan gosip
m.    Struktur peran
Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan sesuai dengan posisi sosial yang diberikan. Yang dimaksud dengan posisi atau status adalah posisi  individu dalam masyarakat, misalnya status sebagai istri/suami  atau anak.











                        Perilaku peran
Peranan  ayah : pencari nafkah, pelindung dan pemberi rasa aman, kepala keluarga, sebaagai anggota dari kelompok  sosialnya  serta sebagai  anggota masyarakat  dari  lingkungannya.
Peranan ibu :  mengurus rumah tangga, pengasuh dan pendidik  anak-naknya, pelindung dan sebagai salah satu anggota kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai  anggota  masyarakat dari  lingkungannya,  serta bisa berperan sebagai pencari nafkah  tambahan dalam keluarga.
Peranan anak : melaksanakan peranan psiko sosial sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik fisik, mental, sosial dan spiritual
n.    Struktur kekuatan
Kekuatan merupakan kemampuan (potensial atau aktual) dari individu untuk mengendalikan atau mempengaruhi untuk merubah perilaku orang lain ke arah positif.
Tipe struktur kekuatan:
Legitimate power/authority (hak untuk mengontrol, seperti orang tua terhadap anak)
Referent power (seseorang yang ditiru)
Resource or expert  power (pendapat ahli)
Reward power (pengaruh kekuatan karena adanya harapan yang akan diterima)
Coercive power (pengaruh yang dipaksakan sesuai keinginannya)
Informational power (pengaruh yang dilalui melalui proses persuasi)
Affective power  (pengaruh yang diberikan melalui manipulasi dengan cinta kasih misalnya hubungan seksual)
Hasil dari kekuatan tersebut  yang  akan mendasari suatu proses dalam pengambilan keputusan dalam keluarga seperti::
Konsensus
Tawar menawar atau akomodasi
Kompromi atau de facto
Paksaan
o.    Nilai-nilai keluarga
Nilai merupakan suatu sistem, sikap dan kepercayaan yang secara sadar atau tidak, mempersatukan  anggota keluarga dalam satu budaya. Nilai keluarga juga merupakan suatu pedoman perilaku dan pedoman bagi perkembangan norma dan peraturan. Norma adalah pola perilaku yang baik, menurut masyarakat berdasarkan sistem nilai dalam keluarga. Budaya adalah kumpulan dari pola perilaku yang dapat dipelajari, dibagi dan ditularkan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah.

B.  Fungsi Keluarga
Friedman (1992) menggambarkan fungsi sebagai  apa yang dilakukan keluarga. Fungsi keluarga berfokus pada proses yang digunakan oleh keluarga untuk  mencapai tujuan keluarga tersebut. Proses ini termasuk komunikasi diantara anggota keluarga, penetapan tujuan, resolusi konflik, pemberian makanan, dan penggunaan sumber dari internal  maupun eksternal
Tujuan reproduksi, seksual, ekonomi dan pendidikan dalam keluarga memerlukan dukungan secara psikologi  antar  anggota keluarga, apabila dukungan tersebut  tidak  didapatkan maka akan menimbulkan konsekuensi emosional seperti marah, depresi dan perilaku yang menyimpang
Tujuan yang ada dalam keluarga akan lebih mudah dicapai  apabila terjadi komunikasi yang jelas  dan secara langsung. Komunikasi tersebut  akan  mempermudah menyelesaikan konflik dan pemecahan masalah.


Fungsi keluarga menurut Friedman (1992) adalah:
Fungsi  afektif dan koping
Keluarga memberikan kenyamanan emosional  anggota, membantu anggota dalam membentuk identitas dan mempertahankan saat terjadi stress.
Fungsi sosialisasi
Keluarga sebagai guru, menanamkan kepercayaan, nilai, sikap, dan mekanisme koping, memberikan feedback, dan memberikan petunjuk dalam pemecahan masalah.
Fungsi reproduksi
Keluarga melahirkan anak, menumbuh-kembangkan anak  dan meneruskan keturunan.
Fungsi ekonomi
Keluarga memberikan finansial untuk  anggota keluarganya dan kepentingan di masyarakat
Fungsi fisik
Keluarga memberikan keamanan, kenyamanan lingkungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan istirahat termasuk untuk penyembuhan dari sakit.
   
    Fungsi  keluarga  menurut  Allender (1998):
Affection
1). Menciptakan suasana persaudaraan/menjaga perasaan
2). Mengembangkan kehidupan seksual dan kebutuhan seksual
3). Menambah  anggota baru
Security  and acceptance
1). Mempertahankan kebutuhan fisik
2). Menerima individu sebagai  anggota
Identity and satisfaction
1). Mempertahankan motivasi
2). Mengembangkan peran dan self image
3). Mengidentifikasi tingkat sosial dan  kepuasan  aktivitas
Affiliation and companionship
1). Mengembangkan pola komunikasi
2). Mempertahankan hubungan yang harmonis
Socialization
1). Mengenal kultur (nilai dan perilaku)
2). Aturan/pedoman hubungan internal dan eksternal
3). Melepas  anggota
Controls
1). Mempertahankan kontrol sosial
2). Adanya pembagian kerja
3). Penempatan dan menggunakan sumber daya yang ada

    Fungsi keluarga menurut BKKBN (1992):
Fungsi keagamaan     : memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama, dan tugas kepala keluarga untuk menanamkan bahwa ada kekuatan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupan lain setelah di dunia ini.
Fungsi sosial budaya : membina sosialisasi pada anak, membentuk norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat  perkembangan  anak, meneruskan nilai-nilai budaya keluarga.
Fungsi cinta kasih : memberikan kasih sayang dan rasa  aman, memberikan perhatian diantara anggota keluarga
Fungsi melindungi : melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik, sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman
Fungsi reproduksi : meneruskan keturunan, memelihara dan membesarkan anak, memelihara dan merawat  anggota keluarga
Fungsi sosialisasi dan pendidikan : mendidik  anak sesuai dengan tingkat  perkembangannya, menyekolahkan anak, bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik
Fungsi ekonomi : mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,  pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa datang
Fungsi pembinaan lingkungan

Fungsi keluarga dengan usila:
Fungsi keluarga harus  dimodifikasi untuk mengetahui kebutuhan yang spesifik pada usila dan memfokuskan pada:
Memperhatikan kebutuhan fisik secara penuh
Memberikan kenyamanan dan support
Mempertahankan hubungan dengan keluarga dan masyarakat
Menanamkan perasaan pengertian hidup
Manajemen krisis

Sistem Keluarga
Keluarga dipandang sebagai  system sosial terbuka yang ada dan berinteraksi dengan sistem yang lebih besar  (suprasistem) dari masyarakat  (misal: plitik, agama, sekolah dan pemberian pelayanan kesehatan). System keluarga terdiri dari bagian yang saling berhubungan (anggota keluarga) yang membentuk berbagai macam pola interaksi (subsistem). Seperti pada seluruh sistem, sistem keluarga mempunyai dua tujuan baik impisit  maupun eksplisit, yang berbeda berdasarkan tahapan dalam siklus hidup keluarga, nilai keluarga dan kepedulian individual  anggota keluarga.

Karakteristik dari sistem keluarga  (sistem terbuka):
p.    Komponen: dalam suatu keluarga masing-masing  anggota mempunyai sifat  interdependensi, interaktif dan mutual.
q.    Batasan : dalam suatu keluarga pasti adanya batasan (filter) yang digunakan untuk menyeleksi informasi yang masuk dan keluar. Batasan masing-masing keluarga akan berbeda tergantung dari beberapa faktor seperti : sosial, budaya, ekonomi,dll.
r.    Keberadaan : keluarga merupakan bagian dari sistem yang lebih luas yaitu masyarakat
s.    Terbuka (batas yang permeable) dimana di dalam keluarga terjadi pertukaran antar sistem
t.    Mempunyai : masing-masing keluarga mempunyai organisasi/struktur yang akan berpengaruh di dalam fungsi yang ada dari  anggotanya.


keterangan :
I : individu
K: keluarga
M: masyarakat   







Tumbuh Kembang Keluarga
Keluarga sebagaimana individu berubah dan berkembang setiap saat. Masing-masing tahap perkembangan mempunyai tantangan, kebutuhan, sumber daya tersendiri, dan meliputi tugas yang harus dipenuhi sebelum keluarga mencapai tahap yang selanjutnya.

Menurut Duval tahap perkembangan keluarga adalah sebagai berikut:
Tahap pembentukan keluarga
Dimulai dari pernikahan yang dilanjutkan dengan membentuk rumah tangga
Tahap menjelang kelahiran anak
Tugas utama  untuk mendapat kan keturunan sebagai generasi penerus, melahirkan anak merupakan kebanggaan bagi keluarga yang merupakan saat-saat  yang sangat  dinantikan
Tahap menghadapi bayi
Keluarga mengasuh, mendidik dan memberikan kasih sayang  kepada anak, karena pada tahap ini kehidupan bayi  sangat tergantung pada kedua orangtuanya.
Tahap menghadapi  anak  prasekolah
Pada tahap ini anak mulai mengenal kehidupan sosialnya, sudah mulai bergaul dengan teman sebayanya, tetapi sangat   rawan  dengan  masalah kesehatan. Anak sensitif terhadap pengaruh lingkungan dan tugas keluarga adalah mulai  menanamkan norma-norma kehidupan, norma-norma agama, norma-norma sosial budaya.
Tahap menghadapi  anak  sekolah
Tugas keluarga adalah bagaimana mendidik  anak, mengajari anak untuk  mempersiapkan masa depannya, membiasakan  anak belajar secara teratur, mengontrol tugas-tugas sekolah anak, dan meningkatkan pengetahuan umum  anak.
Tahap menghadapi  anak  remaja
Tahap ini paling rawan, karena pada tahap ini  anak  akan mencari identitas diri  dalam  membentuk kepribadiannya, oleh karena itu suri tauladan dari kedua orangtua sangat  diperlukan. Komunikasi  dan saling  pengertian antara kedua orang tua dengan  anak perlu dipelihara dan dikembangkan.
Tahap melepas  anak ke masyarakat
Melepas  anak ke masyarakat  dalam memulai kehidupannya yang sesungguhnya, dalam tahap ini anak  akan  memulai kehidupan berumah tangga
Tahap berdua kembali
Setelah anak besar  dan  menempuh  kehidupan keluarga  sendiri-sendiri, tinggallah suami istri berdua saja. Dalam tahap ini keluarga akan merasa sepi, dan bila tidak dapat menerima kenyataan  akan  dapat menimbulkan  depresi dan stress.
Tahap masa tua
Tahap ini masuk ke tahap lansia, dan kedua orang tua mempersiapkan diri untuk meninggalkan dunia fana ini.
       
Mc Goldrick dan Carter (1985) mengembangkan model tahap kehidupan keluarga yang didasari oleh ekspansi, kontraksi, dan penyusunan kembali (realigment) dari hubungan keluarga yang memberikan support  terhadap masuk, keluar dan perkembangan  anggota keluarga. Model ini diberikan dengan  menggunakan  aspek emosional, transisi, perubahan dan tugas yang diperlukan untuk perkembangan keluarga.



Tahap lingkaran kehidupan keluarga

Tahap lingkaran kehidupan keluarga    Proses emosional transisi    Perubahan status keluarga yang dibutuhkan untuk perkembangan      
Keluarga dengan anak dewasa yang belum menikah    Menerima pemisahan dengan orang tua    ·1    Mengembangkan hubungan saudara yang intim
·2    Pemisahan dengan keluarga
·3    Mampu bekerja sendiri
      
Keluarga yang baru menikah    Komitmen dengan sistem baru    ·4    Membentuk sistem keluarga
·5    Menyusun  kembali hubungan dengan ekstended family dan teman-teman      
Keluarga dengan anak muda/anak yang masih kecil    Menerima generasi baru dari  anggota yang ada dalam sistem    ·6    Mengambil peran orangtua
·7    Menyusun kembali hubungan dengan ekstended family terhadap peran orangtua dan kakek nenek
·8    Menyediakan tempat untuk anaknya      
Keluarga dengan anak remaja    Meningkatkan fleksibilitas keluarga dari ketergantunga anak    ·9    Perubahan hubungan  orang tua-anak dari masuk remaja ke arah dewasa
·10    Memfokuskan kembali pada masa mencari teman dekat dan karir
·11    Memulai perubahan perhatian untuk generasi yang lebih tua      
Keluar dan pindahnya anak-anak    Menerima sistem yang keluar dan masukj dalam jumlah yang banyak ke dalam kelurga    ·12    Membicarakan kembali  sistem perkawinan sebagai keluarga dyad
·13    Mengembangkan hubungan orang dewasa ke orang dewasa  diantara anak-anak yang sudah besar dengan orang tua
·14    Menyesuaikan hubungan termasuk kepada menantu dan cucu
·15    Menerima ketidakmampuan dan kematian dari orang tua (kakek/nenek)      
Keluarga lansia    Menerima perubahan dari peran generasi    ·16    Mempertahankan  diri sendiri dan atau pasangan dalam fungsi  dan minat dalam menghadapi penurunan fisiologis, eksplorasi terhdap keluarga baru dan pilihan peran sosial
·17    Mendukung lebih banyak peran sentral untuk generasi pertengahan
·18    Membuat ruang sistem untuk  hal-hal yang bijaksana dan pengalaman pada saat dewasa akhir, mendukung generasi yang lebih tua tanpa memberikan fungsi  yang berlebihan kepada mereka
·19    Menerima kehilangan pasangan, sibling, dan teman sebaya dan mempersiapkan untuk kematian diri sendiri, menerima dengan pandangan dan keutuhan   

Tahap perkembangan keluarga menurut Spradley:
Pasangan baru (keluarga baru)
·    Membina hubungan dan kepuasan bersama
·    Menetapkan tujuan bersama
·    Mengembangkan keakraban
·    Membina hubungan dengan kelaurga lain, teman, kelompok sosial
·    Diskusi tentang anak yang diharapkan

Child bearing (menanti kelahiran)
Persiapan untuk bayi
Role masing-masing dan tanggung jawab
Persiapan biaya
Adaptasi dengan pola hubungan seksual
Pengetahuan tentang kehamilan, persalinan dan menjadi orang tua
Keluarga dengan anak pra-remaja
Pembagian waktu untuk individu, pasangan dan keluarga
Merencanakan kelahiran anak kemudian
Pembagian tanggung jawab dengan anggota keluarga
Keluarga dengan anak sekolah
Menyediakan aktivitas untuk anak
Biaya yang diperlukan semakin meningkat
Kerjasama dengan penyelenggara kerja
Memperhatikan kepuasan anggota kelaurga dan pasangan
Sistem komunikasi keluarga
Keluarga dengan anak remaja
Menyediakan fasilitas dengan kebutuhan yang berbeda
Menyertakan remaja untuk tanggung jawab dalam keluarga
Mencegah adanya gap komunikasi
Mempertahankan filosuf  hidup dalam keluarga
Keluarga dengan anak dewasa (pelepasan)
Penataan kembali fasilitas dan sumber-sumber
Penataan kembali  tanggung jawab antar  anak
Kembali suasana suami istri
Mempertahankan komunikasi terbuka
Meluasnya keluarga dengan pelepasan anak dan mendapatkan menantu
Keluarga dengan usia pertengahan
Mempertahankan suasana rumah yang menyenangkan
Tanggung jawab semua tugas rumah  tangga
Keakraban pasangan
Mempertahankan kontak dengan  anak
Partisipasi aktivitas sosial
Keluarga dengan usia lanjut
Persiapan  dan menghadapi masa pensiun
Kesadaran untuk saling  merawat
Persiapan suasana kesepian dan perpisahan
Pertahankan kontak dengan anak cucu
Menemukan arti hidup
Mempertahankan kontak dengan masyarakat

Keperawatan Kesehatan Keluarga
Health care  activities, health beliefs, and health values merupakan bagian  yang  dipelajari dari sebuah keluarga. Sehat dan sakit  merupakan bagian dari kehidupan, perilaku individu menunjukkan sebagaimana  anggota  keluarga yang harus dipelajari. Friedman (1992) mengidentifikasi dengan jelas kepentingan  pelayanan keperawatan yang terpusat  pada keluarga (family-centered nursing care), yaitu:
Keluarga  terdiri dari anggota yang saling ketergantungan satu sama lainnya  (interdependent) dan berpengaruh dengan yang lainnya. Jika salah satu sakit  maka anggota keluarga yang lain juga merupakan bagian yang sakit.
Adanya hubungan yang kuat  diantara keluarga dengan status kesehatan anggotanya, maka  anggota keluarga sangat penting peranannya dalam setiap pelayanan keperawatan
Tingkat kesehatan  anggota keluarga sangat signifikant  dengan  aktivitas di dalam promosi  kesehatannya
Keadaan sakit  pada salah satu anggota keluarga dapat sebagai indikasi  problem yang sama di dalam anggota yang lainnya

Pada spesialisasi sekarang ini, pelayanan kesehatan, terutama pelayanan  pengobatan, pengawasan kesehatan keluarga dan koordinasi macam-macam pelayanan  kesehatan oleh tim kesehatan  makin  menjadi  kewajiban  perawat. Sehubungan dengan  adanya spesialisasi  dan superspesialisasi  dalam pengobatan, maka orientasi  pelayanan kesehatan  serta cara-cara penyampaian  berubah dari orientasi rumah sakit  ke masyarakat, dari orientasi  penyakit  ke kesehatan dan dari orientasi pengobatan ke pencegahan  dan peningkatan kesehatan.
Perawatan kesehatan keluarga (Family Health Nursing)  adalah tingkat  perawatan kesehatan  masyarakat  yang ditujukan  atau dipusatkan  pada keluarga sebagai unit  atau satu kesatuan yang dirawat, dengan  sehat sebagai tujuannya  dan melalui perawatan  sebagai  sarannya. Dalam perawatan kesehatan masyarakat, yang menerima pelayanan  perawatan  dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu: tingkat individu, tingkat  family  atau keluarga  dan tingkat  community atau  masyarakat.

Tingkat individu
Perawat memberi pelayanan perawatan kepada individu dengan kasus-kasus tertentu, pasien dengan  TBC, pasien dengan DM, ibu hamil dan sebagainya yang mereka jumpai  di  poliklinik. Perawat  melihat kasus ini  sebagai  individu dengan memperhatikan atau tanpa memberi  perhatian  kepada keluarga atau masyarakat  dimana pasien ini  adalah  anggotanya. Individu yang menjadi sasaran  perawatan  dan yang menjadi pusat  perhatian adalah  masalah kesehatan individu itu serta  pemecahan masalahnya. Keluarga pasien tidak mutlak  diikutsertakan dalam pemecahan  masalah.

Tingkat keluarga
Dalam tingkatan ini yang menjadi sasaran pelayanan  adalah keluarga. Yang dimaksud keluarga di sini adalah  dua atau lebih dari dua individu yang bergabung  karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain di dalam peranannya masing- masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan. Dalam tingkatan ini, anggota keluarga yang mempunyai  masalah kesehatan  akan  dirawat sebagai anggota keluarga. Yang  menjadi pusat dari perawatan adalah  keluarga. Maka perawat  akan menghadapi pasien yaitu keluarga dengan ibu hamil, keluarga dengan ayah berpenyakit  TBC, keluarga dengan anak retardasi mental, dll.

Tingkat masyarakat
Masyarakat  adalah kumpulan dari keluarga-keluarga. Kata masyarakat mengandung arti geografis dan sosio-budaya. Yang menjadi obyek dan subyek perawatan  adalah kelompok masyarakat pada daerah tertentu dengan permasalahan kesehatan, misalnya masyarakat dengan kejadian demam berdarah atau cholera

Beban kasus keluarga
Beban kasus keluarga (family case load) adalah jumlah  macam kasus dalam keluarga yang dipelihara/dibina oleh  seorang  perawat  dalam jangka waktu tertentu. Pada umumnya keluarga yang ditangani  oleh perawat  adalah keluarga-keluarga  yang  mempunyai  masalah dan kebanyakan keluarga ini adalah keluarga dengan penghasilan yang rendah. Hal ini  akan dimengerti karena kebutuhan  akan pelayanan dan bimbingan perawatan lebih tinggi pada kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah,.















Dalam pemberian  perawatan keluarga pengambilan keputusan tetap pada keluarga. Perawat hanya membantu keluarga dalam mendapatkan keterangan dan pandangan yang realistik terhadap masalah keunggulan dan kelemahan tiap tindakan yang mereka hadapi. Sehingga semua penentuan  kebijakan dan keputusan adalah hak, kewajiban dan tanggung jawab keluarga, dimana perawat hanya memfasilitasinya.

Tugas kesehatan keluarga
Seperti individu, keluargapun mempunyai cara-cara tertentu untuk mengatasi masalah kesehatan. Kegagalan dalam mengatasinya akan mengakibatkan penyakit atau sakit terus menerus dan keberhasilan keluarga untuk berfungsi sebagai satu kesatuan akan berkurang. Dalam perawatan kesehatan keluarga, kata-kata ”mengatasi dengan baik”, diartikan sebagai kesanggupan keluarga untuk melaksanakan tugas pemeliharaan kesehatannya sendiri. Tugas kesehatan keluarga  menurut Friedman adalah:
Mengenal gangguan perkembangan kesehatan setiap anggota keluarga. Ini ada hubungannya dengan kesanggupan keluarga untuk mengenal masalah  kesehatan pada setiap anggota keluarga.
Mengambil keputusan untuk tindakan kesehatan yang tepat
Memberikan perawatan kepada anggota keluarga yang sakit, yang tidak dapat membantu diri karena cacat  atau usianya terlalu muda
Mempertahankan suasana di rumah yang menguntungkan untuk kesehatan dan perkembangan kepribadian  anggota keluarga
Mempertahankan hubungan timbal balik antara keluarga dan lembaga-lembaga kesehatan. Ini menunjukkan pemanfaatan dengan baik  akan  fasilitas-fasilitas kesehatan

Peran perawat keluarga
Perawatan kesehatan keluarga adalah pelayanan kesehatan yang ditujukan pada keluarga sebagai unit pelayanan untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Fungsi perawat  membantu keluarga untuk menyelesaikan  masalah kesehatan dengan cara meningkatkan kesanggupan keluarga melakukan fungsi dan tugas  perawatan kesehatan keluarga. Peran perawat dalam melakukan perawatan kesehatan keluarga adalah sebagai berikut:
Pendidik
Koordinator
Pelaksana
Pengawas kesehatan
Konsultan
Kolaborasi
Fasilitator
Penemu kasus
Modifikasi lingkungan.





Daftar  pustaka

Bailon, S.G. dan Maglaya, A.S.,. 1997. Family health Nursing: The Process. Philiphines: UP College on Nursing Diliman
Potter dan Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC
Shirley, M. H. H. 1996. Family Health Care Nursing : Theory, Practice, and Research. Philadelphia : F. A Davis Company

Tidak ada komentar:

Posting Komentar